Pengertian Brosur dan ciri-cirinya

Pengertian Brosur

Berbagai literatur cenderung merumuskan brosur dari sudut bentuknya. dalam kuliah ini, yang dimaksudkan dengan brosur adalah publikasi resmi perusahaan berbentuk cetakan, yang berisi informasi mengenai suatu produk,layanan, atau program, yang ditujukan kepada pasar sasaran (target market) atau khalayak sasaran(target audiens)tertentu, di bagikan secara cuma - cuma alias gratis dengan tujuan untuk memperkenalkan secara lebih terperinci mengenai produk,layanan, program tersebut untuk membantu upaya pemasaran atau marketing public relations. Brosur bersifat umum karena disajikan untuk khalayak ramai untuk mengintepretasikan produk atau suatu layanan yang ingin disebarkan kekhalayak umum.pengertiannya brosur adalah bahan informasi tertulis mengenai suatu masalah yg disusun secara bersistem. cetakan yg hanya terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid. selebaran cetakan yg berisi keterangan singkat, tetapi lengkap ( perusahaan atau organisasi).

Belakangan ini, seiring dengan perkembangan teknologi informasi, brosur juga disajikan dalam bentuk digital yang bisa di download oleh siapa saja yang memerlukannya.

Ciri - ciri brosur :

1. Meski begitu banyak batasan mengenai brosur yang berbeda-beda, namun secara umum mempunyai kesamaan dalam hal:
- pernyataan pesannya selalu tunggal.
- dibuat dengan tujuan untuk meniformasikan, mengedukasi, dan membujuk atau
mempengaruhi khalayak untuk membeli atau mengadopsi pesan yang disampaikan.
- di terbatkan hanya sekali, tetapi bisa di cetak ulang berkali-kali baik dengan diperbarui 
atau tidak.
- Brosur harus bisa menarik dan merebut perhatian publiknya.
- memiliki sistem distribusi sendiri yang bukan merupakan bagian dari media lainnya.
- Copynya harus jelas dan desainnya harus menarik.
Previous
Next Post »